RPP Kurikulum 2013 Lengkap Sejarah Indonesia Kelas XI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
- Satuan Pendidikan: SMA Negeri 13 Tompobulu Maros
- Kelas/Semester: XI / I
- Mata Pelajaran: Sejarah Indonesia
- Materi Pokok: Antara kolonialisme dan imperialisme
- Sub Materi: Melacak perburuan mutiara dari timur
- Pertemuan ke- : 1 (Kesatu)
- Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
A. Kompetensi
Inti
- KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
- KI 2: Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
- KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
- KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar
1.1 Menghayati nilai-nilai persatuan
dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju kemerdekaan
bangsa sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa terhadap bangsa dan negara
Indonesia.
2.1 Mengembangkan nilai dan perilaku
mempertahankan harga diri bangsa dengan bercermin pada kegigihan para pejuang
dalam melawan penjajah.
2.2 Meneladani perilaku kerjasama,
tanggung jawab, cinta damai para pejuang dalam mewujudkan cita-cita mendirikan
bangsa Indonesia dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.3 Meneladani perilaku kerjasama,
tanggung jawab, cinta damai para pejuang untuk meraih kemerdekaan dan
menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.4 Meneladani perilaku kerjasama,
tanggung jawab, cinta damai para pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan dan
menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.5 Berlaku jujur dan bertanggung-jawab
dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah.
3.1 Mengkaji konsep perubahan, dan
keberlanjutan dalam peristiwa sejarah pada masa penjajahan asing hingga
proklamasi kemerdekaanIndonesia.
3.2 Menganalisis proses masuk dan
perkembangan penjajahan bangsa Barat di Indonesia.
3.3 Menganalisis strategi perlawanan
bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan
sesudah abad ke-20.
4.1 Mengolah informasi tentang
peristiwa sejarah pada masa penjajahan bangsa Barat berdasarkan konsep
perubahan dan keberlanjutan, dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
4.2 Mengolah informasi tentang
proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Barat di Indonesia dan
menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
4.3 Mengolah informasi tentang
strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di
Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20 dan menyajikannya dalam bentuk cerita
sejarah.
B. Indikator
Pencapaian Kompetensi
- menganalisis latar belakang dan tujuan datangnya bangsa Barat ke Indonesia
- menjelaskan jalur pelayaran dan kedatangan bangsa Barat ke Indonesia
- menganalisis mengapa Nusantara yang kaya dan begitu indah itu dapat dikuasai oleh bangsa asing
- menyusun karya tulis sejarah yang berjudul “ Kepulauan Nusantara bagaikan Mutiara dari Timur”
C.Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik mampu:
- menganalisis latar belakang dan tujuan datangnya bangsa Barat ke Indonesia
- menjelaskan jalur pelayaran dan kedatangan bangsa Barat ke Indonesia
- menganalisis mengapa Nusantara yang kaya dan begitu indah itu dapat dikuasai oleh bangsa asing
- menyusun karya tulis sejarah yang berjudul “ Kepulauan Nusantara bagaikan Mutiara dari Timur”
D. Materi
Ajar
- Latar belakang dan tujuan datangnya bangsa Barat ke Indonesia
- Jalur pelayaran dan kedatangan bangsa Barat ke Indonesia
- Faktor-kator yang menyebabkan Nusantara yang kaya dan indah terpaksa dikuasai oleh bangsa asing
- Sistematika tulisan tentang “Barat Memburu Mutiara dari Timur”
E.Pendekatan,
Strategi dan Metode Pembelajaran
- Model : learning community dengan discovery.
- Pendekatan: scientific, dengan langkah-langkah: mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan.
F.Media, Alat dan Sumber Belajar
Alat:
Laptop, internet, lembar penilaian sikap, pengetahuan,dan keterampilan
Sumber
Belajar:
- Buku Sejarah Indonesia Kelas XI kemendikbud RI 2014
- Buku Sejarah Indonesia (Wajib) karangan Samsul Farid
- Buku Sejarah sejarah yang relevan
G.
Kegiatan Pembelajaran
a)
Pertemuan ke-1
No
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15
Menit
|
2
|
Inti
|
|
60
Menit
|
3
|
Penutup
|
|
15
Menit
|
H.Penilaian
Hasil Belajar
a.Tes.
1.Uraian (terlampir)
b.Non
Tes
- Lembar pengamatan sikap (terlampir)
- Lembar pengamatan presentasi (terlampir)
- Lembar pengamatan diskusi (terlampir)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar