Senin, 15 Desember 2014

RPP Kurikulum 2013 Lengkap Sejarah Indonesia Kelas XI


RPP Kurikulum 2013 Lengkap Sejarah Indonesia Kelas XI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
  • Satuan Pendidikan: SMA Negeri 13 Tompobulu Maros
  • Kelas/Semester: XI / I
  • Mata Pelajaran: Sejarah Indonesia
  • Materi Pokok: Antara kolonialisme dan imperialisme
  • Sub Materi: Melacak perburuan mutiara dari timur
  • Pertemuan ke- : 1 (Kesatu)
  • Alokasi Waktu: 2 x 45 menit
A. Kompetensi Inti
  • KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
  • KI 2: Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  • KI 3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual,prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  • KI 4: Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.


B. Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati nilai-nilai persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa terhadap bangsa dan negara Indonesia.
2.1 Mengembangkan nilai dan perilaku mempertahankan harga diri bangsa dengan bercermin pada kegigihan para pejuang dalam melawan penjajah.
2.2 Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang dalam mewujudkan cita-cita mendirikan bangsa Indonesia dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.3 Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang untuk meraih kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.4 Meneladani perilaku kerjasama, tanggung jawab, cinta damai para pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan dan menunjukkannya dalam kehidupan sehari-hari.
2.5 Berlaku jujur dan bertanggung-jawab dalam mengerjakan tugas-tugas dari pembelajaran sejarah.
3.1 Mengkaji konsep perubahan, dan keberlanjutan dalam peristiwa sejarah pada masa penjajahan asing hingga proklamasi kemerdekaanIndonesia.
3.2 Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Barat di Indonesia.
3.3 Menganalisis strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20.
4.1 Mengolah informasi tentang peristiwa sejarah pada masa penjajahan bangsa Barat berdasarkan konsep perubahan dan keberlanjutan, dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
4.2 Mengolah informasi tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa Barat di Indonesia dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
4.3 Mengolah informasi tentang strategi perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan bangsa Barat di Indonesia sebelum dan sesudah abad ke-20 dan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah.
B. Indikator Pencapaian Kompetensi
  1. menganalisis latar belakang dan tujuan datangnya bangsa Barat ke Indonesia
  2. menjelaskan jalur pelayaran dan kedatangan bangsa Barat ke Indonesia
  3. menganalisis mengapa Nusantara yang kaya dan begitu indah itu dapat dikuasai oleh bangsa asing
  4. menyusun karya tulis sejarah yang berjudul “ Kepulauan Nusantara bagaikan Mutiara dari Timur”
C.Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran ini peserta didik mampu:
  1. menganalisis latar belakang dan tujuan datangnya bangsa Barat ke Indonesia
  2. menjelaskan jalur pelayaran dan kedatangan bangsa Barat ke Indonesia
  3. menganalisis mengapa Nusantara yang kaya dan begitu indah itu dapat dikuasai oleh bangsa asing
  4. menyusun karya tulis sejarah yang berjudul “ Kepulauan Nusantara bagaikan Mutiara dari Timur”
D. Materi Ajar
  1. Latar belakang dan tujuan datangnya bangsa Barat ke Indonesia
  2. Jalur pelayaran dan kedatangan bangsa Barat ke Indonesia
  3. Faktor-kator yang menyebabkan Nusantara yang kaya dan indah terpaksa dikuasai oleh bangsa asing
  4. Sistematika tulisan tentang “Barat Memburu Mutiara dari Timur”
E.Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran
  1. Model : learning community dengan discovery.
  2. Pendekatan: scientific, dengan langkah-langkah: mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasikan, dan mengomunikasikan.

F.Media, Alat dan Sumber Belajar
Alat: Laptop, internet, lembar penilaian sikap, pengetahuan,dan keterampilan
Sumber Belajar:
  • Buku Sejarah Indonesia Kelas XI  kemendikbud RI 2014
  • Buku Sejarah Indonesia (Wajib) karangan Samsul Farid
  • Buku Sejarah sejarah yang relevan
G. Kegiatan Pembelajaran
a) Pertemuan ke-1
No
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi Waktu
1
Pendahuluan
  • Memberikan salam, berdoa bersama, presensi absen siswa
  • Apersepsi
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pertemuan yang akan dilaksanakan
  • Menyampaikan tehnis pembelajaran pertemuan yang akan dilaksanakan
  • Guru membagi siswa kedalam 4-6 kelompok
15 Menit
2
Inti
  • Mengamati, Peserta didik mengamati materi melacak perburuan mutiara dari timur dibuku teks
  • Menanya, untuk mendapatkan klarifikasi  dan pendalaman pemahaman tentang melacak perburuan mutiara dari timur, peserta didik bertanya melalui diskusi di kelas
  • Mengeksplorasi, mengumpulkan informasi dan dan data terkait dengan pertanyaan mengenai melacak perburuan mutiara dari timur dari sumber tertulis atau internet serta sumber lainnya dengan pertanyaan yang diajukan
  • Mengasosiasi, menganalisis informasi dan data yang didapat mengenai materi melacak perburuan mutiara dari timur
  • Mengkomunikasi:

  • Membuat hasil penelaahan dalam bentuk tulisan Mengenai melacak perburuan mutiara dari timur
  • Laporan hasil kerja kelompok dengan cara guru
  • menunjuk secara acak untuk melaporkan hasil diskusi kelompok, sampai semua masalah selesai dibahas
  • Siswa yang lain menanggapi
60 Menit
3
Penutup
  • Bersama-sama dengan  siswa,  guru memberikan penekanan dalam bentuk kesimpulan materi esensial
  • Memberikan evaluasi terhadap kegiatan pembelajaran
  • Mengucapkan Salam
15 Menit
H.Penilaian Hasil Belajar
a.Tes. 1.Uraian (terlampir)
b.Non Tes
  • Lembar pengamatan sikap (terlampir)
  • Lembar pengamatan presentasi (terlampir)
  • Lembar pengamatan diskusi (terlampir)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar