ResensiBukuPsikologiPerkembangan
Oleh
:
FransiscaAyu
R (130210302066)
Kelas
: J
Prodi
Sejarah
JudukBuku : PsikologiPerkembangan
Penulis : Drs. H. MakmunKhairani, M.Pd. Psikolog
Editor : Cak Mad
Penerbit : AswajaPressindo
TahunTerbit : 2013
Tebal : 141
halaman
Harga : Rp37.500,-
BukuPsikologiperkembangankarya
Drs. H. MakmunKhairani, M.Pd.
Psikologiniterdiriatasenampokokbahasan.Padababpertamadibahasmengenaipengertianpsikologi,
kegunaansertajenisnya, hukum-hukumnyadantugas-tugasperkembangan.Dalambukuitudisebutkanbahwapsikologiperkembanganadalahsuatustudi
yang
mempelajaritentangperubahan-perubahandalamaspekfisiksepanjanghidup.Obyekdaripsikologiperkembanganadalahperkembanganmanusiaitusendiri.Adapungunadaribelajarpsikologiperkembanganadalahsebagaiupayauntukmengetahuikehidupanjiwanya
agar dapatmemberipenilaianterhadapjiwanyadanbagaimanabertingkahlaku yang
baiksesuainorma.Perkembanganberubahdenganpolatertentudancoraknyamasing-masing.Perkembanganmemilikisebuah
yang menurutHavighurst, tugasperkembanganadalahtugas-tugas yang
harusdiselesaikanindividupadatahapan-tahapanterstentu yang
bersumberdarikematanganfisik,
tuntutanmasyarakatataubudayasertanilai-nilaiaspirasiindividu.Tugas-tugasitupundibagimenjadibeberapafaseyaitupadasaatbayi,
saatmasaanaksekolah, kemudianmasaremajadantugasperkembanganpadamasadewasa.
Kemudianpadabab
2 beliaumembahasmengenaiSejarahpsikologiperkembangan.
Materiinimembahasmengenaipeloporsertaruanglingkupkajianpsikologiperkembangan.Banyaksekaliparafilosuf
yang mempeloporipengertianpsikologiperkembangandiantaranyakarenaadapengaruhdari
Darwin yang di dalamnyaterdiridari Taine, Wilhelm Preyerselainituadajugapengaruhdari
Wundt.Darwin menganggapbahwaanakmerupakansuatusumber yang kaya
akaninformasitentangsifatsertaciri-ciridarimanusia. Sedangkan Wundt
menggunakanmetodeinstropeksi yang dilakukansecaraterkontroldilabolatorium.Dalamperkembangannya
di masa modern mulailahmunculnama-namaseperti J.B Watson, Sigmund Freud, Jean
Piaget.Perkembangandapatdilihatmelaluisudutfilogenetik (primitive menujuperkembangan)
dan ontogenetic (sejaklahirsampaimati).Demikiansejarahmunculnyapsikologiadapuntugas-tugasseorangpsikologperkembanganadalah
1.Mengidentifikasidanmendiskripsikangejala-gejalaperkembangansepertiperubahantingkahlakudankemampuan
yang berkaitandenganpertambahanusia.
2.
Memberikansuatupenjelasantentanggejala-gejala yang
sedangatautelahdiidentifikasi.
Selanjutnyabab
3 adapembahasanmengenaiteoridan factor yang mempengaruhiperkembangan.
Fungsidariteoriitusendiriadalahsebagaipanduanpenelitianlebihlanjutdansebagisumberinformasi-informasibaru.Adapunjenis-jenisteoriperkembangandiantaranyateoribiologisteoriinilebihmenitikberatkanpadapengaruhbakatselainitusetelahperkembanganmajumakatidak
bias mundurlagi. Teoripsikodinamikateoriinimenggagaskepribadianseseorangditentukanolehkomponendasaryangbersifatsosio-efektif.Unsurterpentingdalamteoriiniadalahmotivasi,
emosidanaspek internal lainnya.Teorilingkunganteoriinimenitikberatkanpadapengaruhlingkungan.Teorikonvergensiteoriinimenyebutkanbahwaperkembanganjiwaditentukanolehdua
factor yang salingmenopangyaitu factor bakatdan factor
pengaruhlingkunganmaksudnyajikakepribadaiananakdibinaolehpendidikan yang
baiksertaditopangolehbakatmakaakanterbentuksuatukepribadian yang sangatbaik. Teorirekapitulasimaksuddariteoriiniadalahbahwaperkembanganjiwaanakmerupakanhasilulangandariseluruhperkembanganmanusia.danmasihbanyaklagiteori-teorilainnya.
Perkembangandipengaruhiolehbeberapa factor diantarnyaintellegensi yang
merupakan factor yang paling penting,kemudianjeniskelaminintinyaterdapatbeberapaperbedaabantarakemampuan,
tingkahlakusertakesehatanantaralaki-lakidanperempuan, kelenjar-kelenjar,
kebangsaan, posisidalamkeluarga, makanandsb. Menurut Elizabeth B. Hurlock
penyebabterjadinyaperkembanganadalahkematangan, belajardanlatihansertakombinasikematangandanbelajar.
Bab
4
menjelaskanmengenaitahapan-tahapanperkembangan.Menuruparaahlipsikologitahapanperkembangandipilahdalamperiodisasi-periodisasisejak
prenatal hinggamasalanjutusia.
Periodeperkembangananakdibagimenjadiduaperiodeyaituperiodeawaldanperiodeakhir.Dalamtahapan
prenatal tahapaninimenjaditahapan yang sangatpentingkarenakonsepsibakatterjadipadafaseiniselainitupadatahapaninimerupaknsuatutahapan
yang dimana proses
perkembanganterjadibegitucepatdibandingakandengantahapan-tahapan yang lainnya.
Penentuansikapjugaterjadipadatahapanini.
Sepertibabsebelumnyapadabab
5 inipenulismembahasmengenaipokokbahasanperkembanganintelektual.
Materiiniberisitentangbagaimanacarakitauntukmenstimulasi,
mencerdaskansertamelatihgerak motoric. Sebenarnyaselotakanakmulaiterbentukdanberkembangsejak
12 minggukehamilanibunya.Menurutteori Piaget
perkembanganindividutidakseluruhnyaditentukanolehlingkungansertastruktur
genetic
bawaan.Menututnyaperkembanganituterjadisecarakonstanantaraindividudaninteraksidenganlingkungan.Dalam
proses perkembangandibutuhkanadaptasidanorganisasi.
Dalamadaptasiterkandungduaaspekyakni, asimilasidanakomodasi.Menurutnyainteraksi
yang aktifmerupakanintidariperkembangan.
Piaget membagipekembanganmenjadi 4
tahapanyaitu:
1. Tahap
sensorimotor (0 – 2 tahun)
2. Tahappraoiperatin
(2 – 7 tahun)
3. Tahap
concrete operatoan (7 – 11 tahun)
4. Tahap
formal operation (11- 16 tahun)
Dalammateriinijugadisebutkanbagaimanacaramenstimulasiotakanak.
Perandari orang tuaataupendidikmerupakanhalterpentingdalammenstimulasiotak.Cara
menstilmulasiotakdiantaranyadenganselalumemberiresponkepada rasa
ingitahumereka.Selainitupadasaatdalamkandunganhendaknyakebutuhannutrisiharusdiperhatikansecarapenting.
Kemudiandalambabterakhirdibahasmengenaiperkembanganemosidan
social anakusiadini. Emosiitusediriterjadiapabilaadasebuahdorongandarisituasitertentudanterjadiperubahanbiologisdariperilakuseseorang.Emosiitusendirimemilikifungsidiantaranyaemosimerupakanbentukkomunikasi,
emosijugaberperandalammempengaruhikepribadiandanpenyesuaiandiriseseorangterhadaplingkungannya.Adapunjenis-jenisemosidiantaranyayaitugembira,
marah, takut, sedihdsb.Faktor-faktor yang
mempengaruhiperkembanganemosionaldiataranyaadanyapengaruhkeadaanindividu,
adanyakonflik-konflikdalam proses perkembangan, pengaruhlingkungan. Cara menyikapiberbagai
factor-faktortersebutadalahpertamakenalidahulukarakteristikemosipadaanak,
kemudiamciptakanlingungansekondusifmungkin, kemudiananalisalah factor-faktor
negative yang bias ditimbulkan.
KritikdanSaran :
1. Kritik
Menurutsayabukuinilebihmenekanpsikologiperkembangannyapadaperkembanganemosi.Dari
segisampulmenurutsayawarnanyaagakkurangbegitumenarikminatpembacakarenawarnanyatidakbegitubervariasi.Teknikpemasarannya
pun mungkinagakbegitukurangterbuktidenganagaksulitnyamencariprodukbukuini di pasaran.
2. Saran
Untukparapembaca
yang
menyukaitentangpsikologisayasarankanmembacabukuinikarenaisidalambukuinisangatmenarik.Model
pembahasannya pun relative mudah di mengertidanmenarik. Gaya bahasa yang
digunakanmerupakangayabahasa yang umumsehinggaparapembacamudahmengertimaksudsertaisidaribukutersebut.
Pokok-pokokbahasan yang dibahas pun
dibahassecaratuntassehinggatidaktimbulpertanyaanbesarbagiparapembaca.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar