Rabu, 25 Desember 2013

Perkembangan Peserta Didik



ResensiBukuPsikologiPerkembangan
Oleh :
FransiscaAyu R         (130210302066)
Kelas : J
Prodi Sejarah


IdentitasBuku
JudukBuku                  : PsikologiPerkembangan
Penulis                         : Drs. H. MakmunKhairani, M.Pd. Psikolog
Editor                          : Cak Mad
Penerbit                       : AswajaPressindo
TahunTerbit                 : 2013
Tebal                           : 141 halaman
Harga                          : Rp37.500,-


            BukuPsikologiperkembangankarya Drs. H. MakmunKhairani, M.Pd. Psikologiniterdiriatasenampokokbahasan.Padababpertamadibahasmengenaipengertianpsikologi, kegunaansertajenisnya, hukum-hukumnyadantugas-tugasperkembangan.Dalambukuitudisebutkanbahwapsikologiperkembanganadalahsuatustudi yang mempelajaritentangperubahan-perubahandalamaspekfisiksepanjanghidup.Obyekdaripsikologiperkembanganadalahperkembanganmanusiaitusendiri.Adapungunadaribelajarpsikologiperkembanganadalahsebagaiupayauntukmengetahuikehidupanjiwanya agar dapatmemberipenilaianterhadapjiwanyadanbagaimanabertingkahlaku yang baiksesuainorma.Perkembanganberubahdenganpolatertentudancoraknyamasing-masing.Perkembanganmemilikisebuah yang menurutHavighurst, tugasperkembanganadalahtugas-tugas yang harusdiselesaikanindividupadatahapan-tahapanterstentu yang bersumberdarikematanganfisik, tuntutanmasyarakatataubudayasertanilai-nilaiaspirasiindividu.Tugas-tugasitupundibagimenjadibeberapafaseyaitupadasaatbayi, saatmasaanaksekolah, kemudianmasaremajadantugasperkembanganpadamasadewasa.
           
Kemudianpadabab 2 beliaumembahasmengenaiSejarahpsikologiperkembangan. Materiinimembahasmengenaipeloporsertaruanglingkupkajianpsikologiperkembangan.Banyaksekaliparafilosuf yang mempeloporipengertianpsikologiperkembangandiantaranyakarenaadapengaruhdari Darwin yang di dalamnyaterdiridari Taine, Wilhelm Preyerselainituadajugapengaruhdari Wundt.Darwin menganggapbahwaanakmerupakansuatusumber yang kaya akaninformasitentangsifatsertaciri-ciridarimanusia. Sedangkan Wundt menggunakanmetodeinstropeksi yang dilakukansecaraterkontroldilabolatorium.Dalamperkembangannya di masa modern mulailahmunculnama-namaseperti J.B Watson, Sigmund Freud, Jean Piaget.Perkembangandapatdilihatmelaluisudutfilogenetik (primitive menujuperkembangan) dan ontogenetic (sejaklahirsampaimati).Demikiansejarahmunculnyapsikologiadapuntugas-tugasseorangpsikologperkembanganadalah
1.Mengidentifikasidanmendiskripsikangejala-gejalaperkembangansepertiperubahantingkahlakudankemampuan yang berkaitandenganpertambahanusia.
2. Memberikansuatupenjelasantentanggejala-gejala yang sedangatautelahdiidentifikasi.
            Selanjutnyabab 3 adapembahasanmengenaiteoridan factor yang mempengaruhiperkembangan. Fungsidariteoriitusendiriadalahsebagaipanduanpenelitianlebihlanjutdansebagisumberinformasi-informasibaru.Adapunjenis-jenisteoriperkembangandiantaranyateoribiologisteoriinilebihmenitikberatkanpadapengaruhbakatselainitusetelahperkembanganmajumakatidak bias mundurlagi. Teoripsikodinamikateoriinimenggagaskepribadianseseorangditentukanolehkomponendasaryangbersifatsosio-efektif.Unsurterpentingdalamteoriiniadalahmotivasi, emosidanaspek internal lainnya.Teorilingkunganteoriinimenitikberatkanpadapengaruhlingkungan.Teorikonvergensiteoriinimenyebutkanbahwaperkembanganjiwaditentukanolehdua factor yang salingmenopangyaitu factor bakatdan factor pengaruhlingkunganmaksudnyajikakepribadaiananakdibinaolehpendidikan yang baiksertaditopangolehbakatmakaakanterbentuksuatukepribadian yang sangatbaik. Teorirekapitulasimaksuddariteoriiniadalahbahwaperkembanganjiwaanakmerupakanhasilulangandariseluruhperkembanganmanusia.danmasihbanyaklagiteori-teorilainnya. Perkembangandipengaruhiolehbeberapa factor diantarnyaintellegensi yang merupakan factor yang paling penting,kemudianjeniskelaminintinyaterdapatbeberapaperbedaabantarakemampuan, tingkahlakusertakesehatanantaralaki-lakidanperempuan, kelenjar-kelenjar, kebangsaan, posisidalamkeluarga, makanandsb. Menurut Elizabeth B. Hurlock penyebabterjadinyaperkembanganadalahkematangan, belajardanlatihansertakombinasikematangandanbelajar.
            Bab 4 menjelaskanmengenaitahapan-tahapanperkembangan.Menuruparaahlipsikologitahapanperkembangandipilahdalamperiodisasi-periodisasisejak prenatal hinggamasalanjutusia. Periodeperkembangananakdibagimenjadiduaperiodeyaituperiodeawaldanperiodeakhir.Dalamtahapan prenatal tahapaninimenjaditahapan yang sangatpentingkarenakonsepsibakatterjadipadafaseiniselainitupadatahapaninimerupaknsuatutahapan yang dimana proses perkembanganterjadibegitucepatdibandingakandengantahapan-tahapan yang lainnya. Penentuansikapjugaterjadipadatahapanini.
            Sepertibabsebelumnyapadabab 5 inipenulismembahasmengenaipokokbahasanperkembanganintelektual. Materiiniberisitentangbagaimanacarakitauntukmenstimulasi, mencerdaskansertamelatihgerak motoric. Sebenarnyaselotakanakmulaiterbentukdanberkembangsejak 12 minggukehamilanibunya.Menurutteori Piaget perkembanganindividutidakseluruhnyaditentukanolehlingkungansertastruktur genetic bawaan.Menututnyaperkembanganituterjadisecarakonstanantaraindividudaninteraksidenganlingkungan.Dalam proses perkembangandibutuhkanadaptasidanorganisasi. Dalamadaptasiterkandungduaaspekyakni, asimilasidanakomodasi.Menurutnyainteraksi yang aktifmerupakanintidariperkembangan.
Piaget membagipekembanganmenjadi 4 tahapanyaitu:
1.      Tahap sensorimotor (0 – 2 tahun)
2.      Tahappraoiperatin (2 – 7 tahun)
3.      Tahap concrete operatoan (7 – 11 tahun)
4.      Tahap formal operation (11- 16 tahun)
Dalammateriinijugadisebutkanbagaimanacaramenstimulasiotakanak. Perandari orang tuaataupendidikmerupakanhalterpentingdalammenstimulasiotak.Cara menstilmulasiotakdiantaranyadenganselalumemberiresponkepada rasa ingitahumereka.Selainitupadasaatdalamkandunganhendaknyakebutuhannutrisiharusdiperhatikansecarapenting.
Kemudiandalambabterakhirdibahasmengenaiperkembanganemosidan social anakusiadini. Emosiitusediriterjadiapabilaadasebuahdorongandarisituasitertentudanterjadiperubahanbiologisdariperilakuseseorang.Emosiitusendirimemilikifungsidiantaranyaemosimerupakanbentukkomunikasi, emosijugaberperandalammempengaruhikepribadiandanpenyesuaiandiriseseorangterhadaplingkungannya.Adapunjenis-jenisemosidiantaranyayaitugembira, marah, takut, sedihdsb.Faktor-faktor yang mempengaruhiperkembanganemosionaldiataranyaadanyapengaruhkeadaanindividu, adanyakonflik-konflikdalam proses perkembangan, pengaruhlingkungan. Cara menyikapiberbagai factor-faktortersebutadalahpertamakenalidahulukarakteristikemosipadaanak, kemudiamciptakanlingungansekondusifmungkin, kemudiananalisalah factor-faktor negative yang bias ditimbulkan.






KritikdanSaran :
1.      Kritik
Menurutsayabukuinilebihmenekanpsikologiperkembangannyapadaperkembanganemosi.Dari segisampulmenurutsayawarnanyaagakkurangbegitumenarikminatpembacakarenawarnanyatidakbegitubervariasi.Teknikpemasarannya pun mungkinagakbegitukurangterbuktidenganagaksulitnyamencariprodukbukuini di pasaran.

2.      Saran
Untukparapembaca yang menyukaitentangpsikologisayasarankanmembacabukuinikarenaisidalambukuinisangatmenarik.Model pembahasannya pun relative mudah di mengertidanmenarik. Gaya bahasa yang digunakanmerupakangayabahasa yang umumsehinggaparapembacamudahmengertimaksudsertaisidaribukutersebut. Pokok-pokokbahasan yang dibahas pun dibahassecaratuntassehinggatidaktimbulpertanyaanbesarbagiparapembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar